Tips Sukses Walk In Interview dengan Mempersiapkan 5 Hal Ini

Tips Sukses Walk In Interview dengan Mempersiapkan 5 Hal Ini | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 LULUSAN BARU 318 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Interview menjadi proses perekrutan yang ditunggu-tunggu para pencari kerja. Tahap ini juga menjadi salah satu penentu diterima atau tidaknya kamu bekerja di sebuah perusahaan.

 

Pernah nggak sih dengar istilah walk in interview? Apa ya bedanya dengan proses wawancara kerja lain?

 

Walk in interview adalah proses perekrutan atau interview yang dilakukan secara konvensional atau melalui tatap muka.

 

Bedanya walk in interview dengan jenis perekrutan lainnya adalah proses ini berlangsung lebih cepat dan pelamar tak perlu menunggu hasil wawancara selama berhari-hari.

 

Nah, agar sukses dalam walk in interview, beberapa hal berikut ini perlu kamu perhatikan sebagai persiapan.

 

Mempersiapkan persyaratan dokumen

Sama halnya ketika mempersiapkan wawancara pada umumnya, kamu harus memastikan dokumen persyaratan yang diminta telah lengkap. Kondisi dokumen yang siap siaga akan menambah nilai positif kamu di mata perusahaan.

 

Pastikan mempersiapkannya jauh waktu sebelum jadwal interview dimulai. Agar tidak tergesa-gesa di hari H, yang dikhawatirkan kamu akan lupa membawa sejumlah dokumen.

 

Melakukan riset tentang perusahaan

Bukan hanya dokumen yang dipersiapkan, latar belakang perusahaan juga perlu diteliti. Carilah informasi seputar perusahaan yang mengadakan wawancara tersebut.

 

Pastikan info lowongan pekerjaan yang kamu terima bukan penipuan dan perusahaan tersebut benar adanya alias tidak fiktif

 

Pengetahuan yang baik tentang perusahaan juga akan menjadi nilai plus di mata perekrut.

 

Siapkan resume yang menarik

Karena proses interview berlangsung singkat, buatlah HRD terkesan dengan CV atau portofolio yang kamu persiapkan.

 

Buatlah CV dan portfolio yang menarik karena ini bisa jadi nilai tambah ketika recruiter membaca dokumen secara langsung.

 

Persiapkan penampilan prima

Penampilan menjadi hal yang tidak boleh disepelekan ketika melakukan walk in interview. Pakaian pakaian yang sopan dan rapi ketika wawancara.

 

Kamu bisa memakai setelan dengan warna hitam, coklat atau biru gelap. yang Hindari hiasan atau makeup terlalu berlebih karena bisa memberikan kesan yang tidak baik pada perekrut.

 

Bawa alat tulis

Terkadang saat interview kamu diminta untuk mengisi formulir atau dokumen tertentu. Untuk itu, persiapkanlah alat tulis seperti pulpen, pensil dan penghapus ketika menghadiri wawancara langsung. 

 

Temukan lowongan pekerjaan dari perusahaan impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir selengkapnya di sini.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.