Pentingnya Brainstorming dalam Berbisnis

Pentingnya Brainstorming dalam Berbisnis | TopKarir.com
30 MAR 2021 11:48 SEPUTAR KARIR 629 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kata brainstorming mungkin terasa asing di telinga kamu atau bahkan kamu belum pernah mendengar istilah ini. Sebenarnya istilah ini merupakan salah satu cara bagaimana menyelesaikan suatu masalah baik pribadi maupun kelompok.

 

Brainstorming juga sangat bermanfaat dalam dunia bisnis, karena di dalam brainstorming terdapat hal penting untuk menjalankan sebuah bisnis.

 

Lalu apa itu Brainstorming? Brainstorming atau curah pendapat merupakan suatu cara untuk mengembangkan solusi kreatif dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi.

 

Selain itu, brainstorming juga merupakan metode untuk menciptakan ide-ide baru yang didasarkan pada spontanitas dan kreativitas.

 

Dalam berbisnis, perlu adanya ide-ide baru untuk pembaharuan pada bisnis yang dijalani atau adanya inovasi dalam bisnis. Ide-ide baru tidak hanya muncul di benak pemilik bisnis saja, namun bisa saja ide baru muncul datang dari rekan kerja atau anggota kerja.

 

Suatu ide yang penuh kreativitas sangat diperlukan, agar bisnis yang kita jalani semakin maju. Untuk pengembangan sebuah bisnis, perlulah adanya curah pendapat dari para anggota kelompok dalam bisnis.

 

Semakin banyak curah pendapat yang diberikan maka ide kreatif semakin banyak bermunculan yang dapat digunakan dalam pengembangan bisnis.

 

Kalau kamu adalah pemilik bisnis, maka tidak ada salahnya untuk dapat menampung ide-ide dari pada anggota kelompok bisnis yang sedang kamu jalankan. Oleh karena itu, ada beberapa poin penting dari brainstorming yang harus kamu ketahui dan dapat diterapkan:

1. Pemikiran yang berbeda setiap individu

Setiap individu memiliki pemikiran yang berbeda sehingga dapat menimbulkan ide-ide kreatif. Adanya ide yang berbeda setiap individu akan dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan

2. Pengungkapan Masalah  

Dalam berbisnis tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan, pasti ada masalah di dalamnya. Untuk itu, kamu perlu mengungkapkan masalah yang terjadi kepada rekan atau anggota kelompok bisnis kamu.

 

Hal tersebut perlu kamu lakukan, agar masalah yang terjadi dalam terselesaikan dengan curah pendapat dari rekan kerja kamu. 

3. Perhatikan Penilaian

Dalam sebuah curah pendapat, pasti ada sebuah penilaian yang diberikan untuk pendapat atau ide yang disampaikan. Biasanya, suatu respon yang mengandung penilaian dapat menghambat suatu ide yang akan keluar karena adanya sebuah pertimbangan penilaian.

 

Untuk itu, dalam curah pendapat sebuah penilaian perlu dicegah atau ditunda agar tidak dapat mematikan ide yang dikembangkan oleh orang lain karena adanya sebuah penilaian.

4. Terima Pemikiran yang Baik

Jika kamu dalam brainstorming mendapatkan ide yang kreatif maka jangan ragu untuk menerima atau setuju pada ide tersebut. Jangan ada keraguan dalam menerima pemikiran yang baik, karena akan memperlambat pengembangan ide bisnis kamu. 

 

Fokuslah dengan ide yang telah diterima, sehingga ide tersebut dapat dijalankan dengan penuh kreativitas. Hal tersebut akan sangat membantu kamu dalam menjalankan bisnis yang sedang berjalan.

 

Penjelasan di atas merupakan poin penting yang harus kamu pahami terkait dengan brainstorming. Setelah kamu merasa telah cukup mendapatkan ide, waktunya kamu mengevaluasi mana ide yang paling berguna dalam bisnis yang kamu jalankan. 

 

Sesuaikan ide dengan bisnis kamu, jangan sampai ide dan bisnis yang dijalankan tidak sesuai atau tidak relevan.

 

Jadi intinya, brainstorming adalah sebuah penyelesain masalah yang melibatkan banyak orang untuk mengeluarkan pendapat atau ide, sehingga permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik dan cepat.

 

Namun, brainstorming bukanlah akhir dari proses penyelesaian masalah, harus diikuti dengan implementasi ide kreatif sehingga dapat berguna di kehidupan berbisnis.

 

Itu dia beberapa alasan tentang pentingnya brainstorming dalam berbisnis. Temukan juga berbagai lowongan kerja menarik lainnya di JatimCerdas.id. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk memperluas wawasan karir kamu.

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.