Pengertian Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) dan Kategorinya

Pengertian Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) dan Kategorinya | TopKarir.com
15 APR 2021 16:47 PEMBEKALAN KARIR 601 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

FMCG adalah produk-produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari. Contoh produk FMCG yang sering kita gunakan seperti susu, permen karet, buah, tisu toilet, soda, bir, dan obat bebas seperti aspirin. 

 

Industri FMCG cukup ketat dalam persaingannya karena barang-barang konsumen yang bergerak cepat memiliki tingkat perputaran yang tinggi, pasarnya tidak hanya sangat besar, tetapi juga sangat kompetitif. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai FMCG simak artikel dibawah ini.

Apakah Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) itu?

FMCG adalah produk yang cepat terjual dengan biaya yang relatif rendah. Barang-barang ini juga disebut barang kemasan konsumen.

 

FMCG memiliki umur simpan yang pendek karena permintaan konsumen yang tinggi (misalnya minuman ringan dan permen) atau karena mudah rusak (misalnya daging, produk susu, dan makanan yang dipanggang).

 

Barang-barang ini sering dibeli, dikonsumsi dengan cepat, diberi harga rendah, dan dijual dalam jumlah besar. Mereka juga memiliki tingkat perputaran yang tinggi saat berada di rak di toko.

 

Barang konsumen adalah produk yang dibeli untuk dikonsumsi oleh konsumen. Mereka dibagi menjadi tiga kategori berbeda: barang tahan lama, tidak tahan lama, dan jasa.

 

Barang tahan lama memiliki umur simpan tiga tahun atau lebih sedangkan barang tidak tahan lama memiliki umur simpan kurang dari satu tahun.

 

Barang konsumen yang bergerak cepat adalah segmen barang konsumsi tidak tahan lama karena segera dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang pendek.

 

Hampir semua orang di dunia menggunakan FMCG setiap hari. Itu adalah pembelian konsumen skala kecil yang kami lakukan di stand produk, toko kelontong, supermarket, dan outlet gudang.

 

FMCG menyumbang lebih dari setengah dari semua pengeluaran konsumen, tetapi mereka cenderung merupakan pembelian dengan keterlibatan rendah.

 

Konsumen lebih cenderung memamerkan barang tahan lama seperti mobil baru atau smartphone yang dirancang dengan indah daripada minuman energi baru yang mereka beli seharga $ 2,50 di toko swalayan.

Jenis fast-moving consumer goods (FMCG)

Seperti disebutkan diatas, barang konsumen yang bergerak cepat adalah barang tidak tahan lama, atau barang yang berumur pendek, dan dikonsumsi dengan cepat atau cepat.

 

FMCG dapat dibagi menjadi beberapa kategori berbeda yaitu:

  • Makanan olahan: Produk keju, sereal, dan pasta kotak
  • Makanan siap saji: Makanan siap saji
  • Minuman: Air kemasan, minuman energi, dan jus
  • Makanan yang dipanggang: Kue kering, croissant, dan roti bagel
  • Makanan segar, beku, dan makanan kering: Buah-buahan, sayuran, kacang polong dan wortel beku, serta kismis dan kacang-kacangan
  • Obat-obatan: Aspirin, pereda nyeri, dan obat lain yang dapat dibeli tanpa resep dokter
  • Produk pembersih: Soda kue, pembersih oven, dan pembersih jendela dan kaca
  • Kosmetik dan perlengkapan mandi: Produk perawatan rambut, concealer, pasta gigi, dan sabun
  • Perlengkapan kantor: Pulpen, pensil, dan spidol

 

Tidak hanya penjelasan soal FMCG, dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja terupdate di Jawa Timur via JatimCerdas.id.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.