Panduan Lengkap Menulis Motivation Letter dan Contohnya

Panduan Lengkap Menulis Motivation Letter dan Contohnya | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 PEMBEKALAN KARIR 4481 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Motivation letter adalah salah satu dokumen penting yang perlu kamu pertimbangkan ketika melamar pekerjaan. Bagi sejumlah recruiter, adanya surat ini bisa menjadi nilai lebih yang meyakinkan HRD untuk mewawancarai atau menerima resume (CV) kamu. 

 

Motivation letter adalah dokumen yang berisi tentang keterampilan profesional dan alasan kamu melamar suatu keperluan tertentu (melamar kerja, beasiswa atau kegiatan lainnya) secara terperinci.

 

Biasanya, ketika memberikan surat ini, kamu perlu melampirkan beberapa dokumen penting lainnya seperti CV atau surat lamaran ketika melamar pekerjaan. 

 

1. Bagaimana cara menulis motivation letter yang benar?

Saat menulis surat motivasi, ada sejumlah poin penting yang perlu kamu perhatikan yaitu:

 

  • Menggunakan format motivation letter yang utama yaitu terdiri dari pendahuluan, isi dan kesimpulan
  • Menggunakan struktur paragraf 5-7, di mana dalam satu paragraf bisa terdiri dari satu sampai tiga kalimat

 

Sementara untuk format surat motivasi yang baik dan benar adalah berisi hal ini pada tiga poin utama, diantaranya:

 

a. Pendahuluan

Pada paragraf pendahuluan, tuliskan promosi singkat dan menarik tentang diri kamu dan alasan mengapa kamu melamar atau mengajukan aplikasi tersebut. 

 

Sejumlah informasi yang bisa dimasukkan ke paragraf pendahuluan adalah:

  • Informasi pribadi
  • Alasan kamu melamar
  • Informasi kontak pribadi seperti alamat email

 

Pendahuluan dapat ditulis hanya dalam satu atau dua paragraf saja.

 

b. Isi

Paragraf selanjutnya adalah isi dari motivation letter. kamu dapat menjelaskan secara terperinci tentang diri kamu, kilas balik prestasi yang telah dicapai, keterampilan dan motivasi kuat mengapa kamu memutuskan untuk melamar.

 

Cobalah untuk menulis senatural mungkin namun tetap menggunakan kalimat yang baku dan baik. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memaparkan pencapaian dalam bentuk angka untuk mendukung kualifikasi kamu.

 

c. Kesimpulan

Tulis kesimpulan surat motivasi dengan merangkum secara singkat tujuan kamu melamar dan tinggalkan kesan akhir yang positif. Jangan lupa untuk menuliskan terima kasih kepada orang yang ditunjukkan karena telah mempertimbangkan aplikasi yang kamu kirim.

 

2. Tips menulis motivation letter yang baik dan benar

Sebelum mengirim surat motivasi, ada baiknya untuk mengoreksi surat dan memperhatikan lebih detail. Perbaiki semua kesalahan ejaan dan tata bahasa serta logika kalimat dari setiap paragraf. 

 

Berikut sejumlah tips untuk membuat surat motivation letter:

  • Ikuti pedoman penulisan yang ditetapkan. Bila ada ketentuan dalam penulisan surat motivasi seperti format, panjang tulisan dan konten yang ditetapkan, maka kamu harus menyesuaikannya.
  • Menulis sesuai dengan kepribadian dan senatural mungkin
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan menggunakan singkatan atau istilah yang sulit dimengerti
  • Fokus pada kekuatan dan keunggulan kamu 

3. Contoh surat motivation letter

Format motivation letter yang benar adalah sebagai berikut:

 

Bapak / Ibu yang terhormat. [nama belakang penerima],

 

Nama saya [nama kamu] dan saya adalah [posisi / kualifikasi / bidang studi]. Saya menulis untuk melamar [kesempatan / tempat beasiswa / sukarelawan] di [nama organisasi].

 

Saya ingin [belajar / menjadi sukarelawan] dengan Anda karena [alasan ingin belajar kursus atau menjadi sukarelawan]. Saya sangat tertarik dengan [sekolah / organisasi non profit] Anda karena [alasan memilih organisasi tertentu].

 

Saya merasa saya akan menjadi aset bagi organisasi Anda karena saya [daftar kualitas positif]. Saya juga terampil dalam [daftar keterampilan positif] yang saya kembangkan melalui [pengalaman atau kursus yang mengajarkan keterampilan kepada kamu].

 

Sebagai penutup, saya berharap mendapatkan kesempatan untuk [belajar / menjadi sukarelawan] bersama Anda di [nama organisasi]. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau aplikasi saya. Silakan hubungi saya di [detail kontak pilihan] jika Anda memiliki pertanyaan untuk saya. Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera.

 

Dengan hormat,

 

[Nama lengkap]

 

Surat motivasi terbaik adalah yang memiliki orisinalitas dan ditulis secara natural. Sesuaikan template di atas dengan informasi tambahan yang ingin kamu masukkan. 

 

Jika mengirim surat motivasi melalui email, cantumkan nama dan jabatan yang dilamar di baris subjek email. Sertakan informasi kontak di kamu tangan email tetapi jangan daftar informasi kontak perusahaan.

 

Itulah panduan lengkap menulis motivation letter beserta contohnya, semoga membantu ya! Temukan juga berbagai lowongan kerja menarik lainnya di JatimCerdas.id. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk mendapatkan posisi yang kamu impikan.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.