Mengenal Walk In Interview dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Mengenal Walk In Interview dan Hal yang Perlu Dipersiapkan | TopKarir.com
15 APR 2021 15:43 LULUSAN BARU 160 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Walk In Interview adalah salah satu metode penerimaan karyawan baru yang dilakukan perusahaan dalam waktu tertentu. Proses perekrutan yang dikenal juga dengan wawancara terbuka ini adalah wawancara kerja di mana perusahaan menerima lamaran kerja selama berbagai waktu ketika semua pelamar yang tertarik untuk melamar dapat hadir.

 

Agar lebih mengenal proses wawancara terbuka ini, mari simak informasi lengkapnya seputar walk in interview berikut ini:

Bagaimana Cara Kerja Walk In Interview?

Wawancara kerja terbuka adalah salah satu jenis wawancara kerja yang paling menantang untuk diikuti. Semua pelamar muncul sekaligus dan kamu akan berada di antara sekelompok orang yang mungkin bersaing untuk pekerjaan yang sama denganmu.

 

Wawancara dapat dilakukan secara empat mata antara pelamar dengan pewawancara di sebuah ruangan. Jika tidak, mungkin ada meja yang disiapkan bagi perekrut untuk mengobrol secara informal dengan pelamar. 

 

Wawancara terbuka ini biasanya berlangsung lebih singkat. Pelamar dapat diminta untuk tinggal dan mendiskusikan pekerjaan lebih lanjut dengan perekrut atau wawancara kedua di kemudian hari dapat diatur.

 

Dalam beberapa kasus, jika kamu sudah sesuai dengan kualifikasi, pelamar mungkin saja langsung ditawari pekerjaan di tempat.

Hal yang perlu diperhatikan

Saat mengikuti walk in interview, sejumlah hal penting yang harus diperhatikan adalah:

1. Pelaksanaan wawancara kerja terbuka

Misalnya, sebuah perusahaan dapat memposting di koran atau iklan online yang mengumumkan bahwa wawancara terbuka akan diadakan dari pukul 09.00 hingga tengah hari dan 13.00. sampai 16.00 pada tanggal tertentu.

 

Beberapa toko mungkin memiliki tanda jendela yang menyatakan bahwa aplikasi akan diterima pada hari dan waktu tertentu. Misalnya, wawancara terbuka dapat diadakan setiap hari Selasa antara jam 5 sore. dan 9:00 malam.

2. Apa yang harus dipakai

Sebagian besar wawancara terbuka adalah untuk pekerjaan ritel atau musiman daripada untuk posisi perusahaan formal.

 

Mengenakan pakaian bisnis kasual akan membantu kamu membuat kesan yang baik. Untuk pekerjaan sementara, pakaian kasual tidak masalah tetapi pastikan kamu berpakaian sopan dan rapi.

3. Apa yang harus dibawa

Pelamar mungkin diminta untuk melengkapi lamaran kerja sebelum bertemu dengan pewawancara. Bawalah daftar semua informasi yang kamu butuhkan untuk melengkapi lamaran kerja.

 

Bawalah beberapa salinan tambahan resume-mu dan daftar referensi. Bila perlu, kamu bisa membawa bantalan dan pena yang berguna untuk membuat catatan dan mengisi formulir.

4. Kapan harus tiba di tempat

Cobalah untuk datang beberapa menit sebelum waktu mulai atau sedini mungkin. Semakin awal kamu sampai di sana, semakin cepat kamu bisa bertemu dengan pewawancara.

 

Untuk pekerjaan yang kompetitif, mungkin ada sederet pelamar yang menunggu untuk bertemu dengan manajer perekrutan.

5. Bagaimana menindaklanjuti setelah wawancara terbuka?

Apa cara terbaik untuk menindaklanjuti perusahaan setelah walk in interview? Penting untuk meluangkan waktu untuk melakukannya karena kamu mungkin hanya bertemu sebentar dengan perekrut atau manajer perekrutan. 

 

Mungkin sulit bagi mereka untuk mengingat semua orang yang mereka temui, dan mengingatkan mereka tentang lamaranmu selalu merupakan ide yang bagus.

 

Cobalah untuk mendapatkan kartu nama dari orang yang kamu temui saat wawancara. Itu akan memberimu alamat email dan nomor telepon yang dapat kamu gunakan untuk terhubung sesudahnya.


Selain tips seputar wawancara kerja, dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja terupdate di Jawa Timur via JatimCerdas.id.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.