Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 LULUSAN BARU 1776 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Walau tampak sepele, surat lamaran kerja nyatanya menjadi salah satu dokumen penting dalam proses rekrutmen.

 

Mungkin masih banyak yang belum memahami bahwa Curriculum Vitae (CV) bukan satu-satunya dokumen yang menjadi bahan pertimbangan recruiter dalam menyeleksi calon karyawan. 

 

Sebelum masuk ke CV, surat lamaran kerja lah yang pertama kali akan dibuka oleh HRD selaku perekrut. Sedikit berbeda dengan cover letter, surat lamaran kerja berisi tentang minat kita terhadap suatu lowongan yang tengah dibuka.

 

Untuk itu, membuat surat lamaran kerja pun sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar HRD mau melanjutkan proses rekrutmen kita. Tidak ada salahnya membuat surat lamaran dengan menggunakan Bahasa Inggris.

 

Mengutip buku 99 Contoh Surat Lamaran Berbahasa Inggris untuk 50+ Profesi (2011) oleh Edwin Solahuddin, menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris menunjukkan seorang pelamar memiliki keunggulan dari pelamar lain. Mulai dari segi kreativitas, keterampilan dan kemampuan akademis.

 

Maka sudah jelas jika kamu menulis surat lamaran kerjamu dengan Bahasa Inggris akan menjadi nilai plus. Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris yang baik dan benar?

 

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Sebelum membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris, yang harus lebih dulu dipahami adalah struktur surat lamaran itu sendiri.

 

Mengutip buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae (CV) Indonesia - Inggris (2007) oleh Paramitha Selviana Oktora, berikut beberapa hal penting dalam surat lamaran kerja:

 

1. Unsur surat lamaran kerja

 

  • Alamat Pengirim

 

Poin ini berisikan nama, alamat, nomor telepon, dan atau email si pengirim atau pelamar. Alamat pengirim berada di sebelah kanan atas surat.

 

 

  • Tempat dan Tanggal

 

Tanggal dicantumkan dengan jarak dua atau tiga baris di bawah alamat pengirim namun berada di sebelah kiri.

 

 

  • Nama Penerima dan Jabatannya

 

Tulis nama penerima beserta jabatan, nama perusahaan dan alamatnya. 

 

 

  • Isi Surat

 

Awali surat dengan salam pembuka yang sifatnya umum dan formal. Setelah itu langsung ke ringkasan dari tujuan surat tersebut.

 

Di alinea kedua, beritahu perusahaan bagaimana kamu bisa berkontribusi untuk mereka. Tulis kualifikasi yang tercantum di CV, pendidikan, keterampilan, bahkan hobi atau karakteristik lainnya yang relevan.

 

 

  • Penutup

 

Untuk bagian penutup, beri ucapan terima kasih dan harapanmu. Tunjukkan keinginanmu untuk bergabung dengan perusahaan dan berharap mendapatkan respons positif dari mereka. 

 

2. Perhatikan Grammar

Ingat bahwa Bahasa Inggris tidak seperti Bahasa Indonesia. Saat membuat surat lamaran berbahasa Inggris perhatikan grammar atau susunan kalimat, frasa, dan katanya. 

 

Jika kamu ragu dengan cara penulisan surat lamaran buatanmu, kini sudah banyak tersedia situs pemeriksa grammar yang bisa diakses secara gratis.

 

Di antaranya ada Grammarly, Becorrect, Grammar Check, Scribens, Reverso, Language Tool, Grammarix, dan masih banyak lagi. 

 

Untuk lebih memahami, berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa menginspirasi para fresh graduate atau lulusan baru.

 

Mentari Puspitasari S.E.

Jalan Asoka No. 28

Jakarta Barat 18240

081199127687

Puspita.Mentari@gmail.com



Jakarta, 19 Februari 2020

 

HR Department

PT Mulia Bersama

Jl. Kali Besar Utara No. 20A

Jakarta 18830

 

Dear Sir/Madam,

I would like to apply for the post of accountant which you have advertised in Topkarir.com on February 15, 2020. 

 

I have completed my undergraduate program in the field of Accounting at Padjadjaran University Bandung with a 3.55 GPA. I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. I have good analytical and great communication skills.

 

Beside that, I have command of English as well as computer and internet. I can speak mandarin too. I am a hard worker, detailed and able to work under pressure as individual as well as in team.

 

For your further consideration, I have attached my curriculum vitae. I am really looking forward to the interview to speak further. Thank you for your attention.

 

Sincerely,

 

Mentari Puspitasari S.E.

 

Itu tadi contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris buat kamu para fresh graduate. Temukan juga berbagai lowongan kerja menarik lainnya di JatimCerdas.id. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk mendapatkan posisi yang kamu impikan.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.