Cara Menjawab Interview Kerja yang Baik dan Memikat

Cara Menjawab Interview Kerja yang Baik dan Memikat | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 LULUSAN BARU 337 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menghadapi wawancara memang butuh banyak persiapan termasuk memikirkan cara menjawab interview kerja yang baik dan memikat HRD. Ya, jawaban yang cerdas dan memikat saat interview tentu bisa memberikan peluang lebih untuk kamu lolos dalam seleksi kerja tahap ini. 

 

Terkadang, pertanyaan yang diajukan HRD bisa begitu menjebak sehingga membuat kamu bingung dan grogi. Meski begitu, sebenarnya ada cara jitu yang bisa kamu pelajari untuk menghadapi situasi ini.

 

Jika kamu fresh graduate yang belum berpengalaman dalam wawancara kerja, menyimak tips yang dikutip dari berbagai sumber ini akan membantumu.

 

Jawab semua pertanyaan dengan tenang dan jelas

Jika HRD meminta kamu untuk menceritakan tentang diri kamu, ambil sejumlah poin saja yang ingin kamu sampaikan. Jangan menjawab terlalu berbelit dan tidak pada intinya. Fokus saja pada kelebihan dan kekurangan diri serta kesibukan kamu saat ini secara umum.

 

Hindari menjelaskan tentang diri sendiri terlalu detail. Jika memang HRD tertarik pada kepribadianmu, biarkan mereka bertanya dengan sendirinya secara lebih rinci.

 

Percaya diri menjelaskan tentang dirimu

Jika perusahaan menjawab mengapa harus menerimamu menjadi karyawan, jelaskan tentang kelebihan dan kelemahan dengan percaya diri.

 

Berikan contoh yang relevan seperti pengalaman atau latar belakang pendidikan yang sesuai hingga passion atau minat kamu dalam melamar pekerjaan tersebut.

 

Jika bicara kelebihan, cobalah untuk mengaitkan kelebihan yang punya dengan kriteria kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Sedangkan ketika menjelaskan kelemahan, sebutkan juga cara atau upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

 

Melakukan penelusuran terlebih dahulu tentang perusahaan dan pekerjaan yang dilamar

Biasanya, HRD akan bertanya alasan mengapa kamu memilih pekerjaan yang dilamar dan latar belakang perusahaan. Ketika ditanya mengapa kamu tertarik dengan pekerjaan yang dilamar, jangan sebutkan secara gamblang alasan kamu memilih pekerjaan itu. 

 

Jawablah dengan lugas dan tenang serta berikan kesan cerdas dengan memaparkan pentingnya atau idealnya posisi pekerjaan tersebut.

 

Ada baiknya kamu melakukan penelusuran terlebih dahulu untuk mencari tahu latar belakang perusahaan dan bisnis inti yang mereka jalankan.

 

Sehingga ketika menjawab pertanyaan, kamu sudah tahu bahwa produk atau layanan dan ekspansi perusahaan dengan posisi tersebut sangat menarik untuk dicoba.

 

Ceritakan pencapaian atau keberhasilan yang pernah diraih

Cara menjawab interview kerja lainnya yang memikat HRD adalah dengan optimis dan percaya diri memaparkan apa saja pencapaian atau prestasi yang pernah kamu raih saat bekerja di tempat sebelumnya atau selama perjalanan karier.

 

Ceritakan pengalaman hidup tersebut secara berurutan, dan paparkan juga proses untuk mencapainya. Namun, hindari kesan sombong dan suka memerintah ketika menjelaskan prestasi atau pengalaman dalam bekerja.

 

Ajukan pertanyaan

Momen penting lainnya ketika interview kerja adalah mengakhiri sesi dengan mengajukan pertanyaan pada HRD. Ini bisa menunjukkan rasa ketertarikan yang besar terhadap pekerjaan yang dilamar.

 

Salah satu contoh pertanyaan yang bisa diajukan misalnya, “Apa tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan saat ini?”. Dengan bertanya, kamu bisa menunjukkan kepedulian dan bisa terlihat lebih aktif.

 

Itu tadi beberapa tips cara menjawab pertanyaan interview kerja yang baik dan memikat HRD. Temukan lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir lainnya di sini.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.