Alasan Sektor FMCG Adalah Karir Menjanjikan dan Skill yang Dibutuhkan

Alasan Sektor FMCG Adalah Karir Menjanjikan dan Skill yang Dibutuhkan | TopKarir.com
15 APR 2021 14:52 LULUSAN BARU 251 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

FMCG adalah singkatan dari Fast-Moving Consumer Goods. Sesuai namanya, FMCG merujuk pada produk yang laris dan terjual dengan cepat, serta memiliki harga yang terjangkau. Perputaran uang di sektor ini sangat cepat.

 

Contoh produk FMCG adalah sabun mandi, sikat gigi, kopi, detergen, gula, makanan dan minuman kemasan, produk pembersih, dan masing banyak lagi. Perusahaan biasanya memproduksi FMCG secara massal.

5 Alasan Industri FMCG Adalah Karir Menjanjikan 

Industri FMCG dinilai menjanjikan bagi banyak orang. Itu sebabnya, perusahaan-perusahaan FMCG jadi incaran banyak pencari kerja. Melansir TalkBusiness.co.uk, ini lima alasan kamu perlu mencoba berkarier di industri FMCG..

1. Kesempatan Bekerja di Perusahaan dengan Nama Besar

Alasan terbesar industri FMCG menjanjikan adalah kesempatan untuk bekerja di brand besar. Kesempatan ini bisa menjadi landasan karier yang baik terutama bagi fresh graduate.

 

Tentunya, bekerja di perusahaan dengan nama besar memberikan kepuasan tersendiri bagi pekerjanya. Buat kamu yang mengimpikan berkarir di perusahaan bergengsi, industri ini jadi pilihan yang baik.

2. Prospek Pekerjaan yang Banyak

Pasar FMCG sangat besar. Itu sebabnya ada ayak prospek kerja yang tersedia. Ada banyak ragam produk FMCG di pasaran yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat.

 

Hal itu menunjukkan bahwa industri FMCG sangat kuat, bahkan bisa tahan dari resesi serta bencana ekonomi lainnya.

3. Industri yang Cepat dan Inovatif

Jika kamu merasa sebagai pribadi yang inovatif dan mampu bekerja cepat, maka industri FMCG cocok untukmu. Produk-produk FMCG harus terus mengubah cara pemasaran mereka seiring waktu.

 

Mulai dari iklan, kemasan baru, branding, eksposur, semua itu membutuhkan ide-ide baru yang unik dan kreatif. 

4. Peluang Bekerja di Berbagai Tempat Seluruh Dunia

Sebagai industri raksasa, perusahaan FMCG bisa ditemukan di mana-mana di seluruh dunia. Perkembangan ekonomi bahan membuat produk FMCG terus meningkat.

 

Itu sebabnya kamu berkesempatan untuk bekerja di negara-negara dunia lainnya selain tempat kamu tinggal, karena biasanya perusahaan FMCG membuat bacang nyaris di semua benua.

5. Fokus Pada Skill

Berbeda dengan perusahaan lain yang menuntut kualifikasi formal dari kandidatnya, industri FMGC menuntut skill nyata. Jika kamu pekerja keras, mampu berpikir cepat, dan kreatif, kamu layak untuk industri ini.

 

Skill yang Dibutuhkan untuk Berkarir di Industri FMCG

Lalu bagaimana caranya bisa sukses berkarir di perusahaan FMCG? Berikut beberapa tipsnya yang kami rangkum buat kamu.

1. Persuasi

Untuk bisa sukses berkarir di industri FMCG kamu harus punya skill persuasi yang baik. Sebenarnya, produk FMCG yang dijual perusahaanmu tetap akan dibeli konsumen, karena itu adalah kebutuhan sehari-hari.

 

Meski begitu, perusahaan wajib terus menyakinkan kosumen dan memberi persuasi bahwa produk mereka lebih baik dari produk pesaing. Fokus pada tujuan membuat pelanggan percaya bahwa yang perusahan jual adalah yang terbaik untuk mereka.

2. Mampu bekerja di bawah tekanan

Seperti pekerjaan pada umumnya, tips sukses berkarir di sektor FMCG adalah mampu bekerja di bawah tekanan. Ritme kerja yang cepat serta perubahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi menuntut kamu untuk selalu siap dengan tekanan.

3. Skill listas disiplin ilmu

Mereka yang bekerja di industri FMCG juga wajib punya banyak ilmu yang beragam. Jadi kamu harus paham dengan ilmu-ilmu lain di luar bidang yang kamu geluti. Paduan dari skill yang beragam dapat membuat kamu jauh lebih profesional.

4. Menganalisis data

Tidak harus jadi seorang Data Analyst, untuk berkarir di FMCG setidaknya kamu harus memiliki skill dalam membaca data dan menganalisisnya, untuk dijadikan strategi baru. Hal ini bisa membawa perusahaan ke level yang lebih tinggi lagi.

5. Paham teknologi

Skill yang terakhir adalah pemahamanan soal teknologi. Jadi, kalau mau sukses berkarier di sektor FMCG, jangan sampai kamu gaptek. Tidak harus mendalami, yang penting kamu peka  dengan perkembangan teknologi terbaru.

 

Jadi, itu beberapa alasan industri FMCG merupakan ladang karir yang menjanjikan. Dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.