7 Skill yang Wajib Dimiliki Data Scientist Sukses

7 Skill yang Wajib Dimiliki Data Scientist Sukses | TopKarir.com
15 APR 2021 14:49 PEMBEKALAN KARIR 703 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Salah satu profesi yang bergerak di bidang data adalah Data Scientist. Zaman sekarang, posisi ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan bisnis. Tingginya permintaan tenaga ahli ini, membuat profesi ini sangat diminati.

 

Seorang Data Scientist yang sukses harus mengetahui bagaimana kemampuannya bisa diterapkan dalam perusahaan, dan menghasilkan keuntungan besar buat tempatnya bekerja. Berikut skill wajib seorang data scientist.

7 Skill Wajib Data Scientist

Jika seorang data scientist masuk ke perusahaan yang besar dan sudah punya manajemen yang tertata rapi, maka mungkin akan lebih mudah karena masuk ke dalam tim yang sudah berjalan. 

 

Tapi saat data scientist masuk ke dalam perusahaan baru atau perusahaan kecil, maka ada beberapa skill yang harus dimiliki. Ini berguna untuk bekerja secara maksimal dan menerapkan keahlian dengan baik.

1. Kemampuan memahami analisa statistik 

Seorang Data Scientist wajib mempunyai skill analisis statistik untuk perencanaan, perbaikan, serta pengawasan, dalam mengidentifikasi permasalahan dan kapan tindakan harus dilakukan.

2. Kemampuan programing 

Seorang Data Scientist harus mengerti sebagian dari bahasa pemrograman seperti SAS, R, dan Python, C/C++, Perl, Python, SQL, dan Java yang sangat dibutuhkan. 

3. Mengerti menggunakan tools analisis

Kamu akan sangat membutuhkan tools analitik dalam bekerja sebagai Data Scientist. Ada beberapa tools analisis populer yang bisa kamu pergunakan seperti Hadoop, SAS, Hive, Spark, R, dan Pig.

4. Memahami Data Mining

Sebagai seorang Data Scientist kamu harus bisa memahami dengan baik berbagai teknik Data Mining, antara lain AI (artificial intelligence), machine learning, dan statistik. Data Mining adalah proses menemukan sejumlah data dalam gudang data.

5. Memahami Pola Data 

Kamu harus memiliki intuisi terhadap data yang kelihatan tidak ada, tapi kamu mampu menemukannya di antara tumpukan data-data lainnya yang belum dijelajahi.

6. Pemecahan Masalah

Seorang Data scientist harus bisa cepat mengidentifikasi masalah yang orang lain tidak menyadari dan mencari penyebab masalah tersebut. Lebih baik lagi jika kamu mampu mengidentifikasi masalah yang kira-kira akan muncul dimasa yang akan datang.

7. Memiliki kepekaan di bidang bisnis

Jika ingin menjadi seorang Data Scientist hebat, kamu juga harus punya ketajaman dalam ilmu bisnis. Kamu bisa membantu tim bisnis dalam perusahaan tempatmu bekerja untuk mengetahui prioritas mereka dan data data apa saja sebenarnya mereka sangat perlukan

 

Jika ada beberapa yang tidak ada pada dirimu di antara tujuh skill yang wajib dimiliki data scientist sukses di atas, kamu bisa kok mempelajarinya. 

 

Kamu harus konsisten, fokus, rela bekerja keras, dan punya semangat belajar yang tinggi. Kamu bisa masuk dalam komunitas Data Scientist agar pengetahuanmu terus bertambah. Kamu pasti bisa menjadi seorang Data Scientist yang sukses!

 

Itu dia skill yang wajib dimiliki seorang data scientist, dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.