7 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Inovatif

7 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Inovatif | TopKarir.com
15 APR 2021 15:45 PEMBEKALAN KARIR 249 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Apa sih inovatif itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovatif adalah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru, pembaharuan atau kreasi baru. Sifat inovatif pada diri seseorang biasanya menjadi keunggulan yang membuat mereka cocok di beberapa bidang pekerjaan.

 

Inovatif tidak terlepas dari kata "inovasi" yang berarti usaha seseorang dengan kemampuan imajinasi, pemikiran dan berbagai stimulan, serta apapun di sekitarnya untuk mendapatkan atau menciptakan sesuatu yang baru.

 

Jadi seseorang yang sudah berhasil melakukan sebuah inovasi disebut seseorang yang inovatif.

 

Seseorang yang inovatif juga tidak terlepas dari apa yang disebut kreativitas, walau sebenarnya berbeda tapi sering sejalan. Karena Inovasi itu juga kadang keluar dari pemikiran orang orang yang kreatif.

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Inovatif

Jika kamu merasa dirimu adalah seorang yang inovatif, maka ada 7 jenis pekerjaan yang cocok buat kamu. Berikut pembahasannya

1. Art Director

Dalam suatu perusahaan, art director adalah jabatan yang menjadi sumber kreativitas. Mereka yang menjadi art director bakal menghasilkan inovasi-inovasi baru, baik untuk perusahaan maupun memenuhi permintaan klien.

2. Chef

Dalam dunia kuliner, kreativitas seorang chef untuk menghasilkan varian baru masakan sangatlah penting. Dari bahan yang selama ini tidak pernah terpikirkan untuk bahan makanan bisa menjadi penemuan yang sangat sangat inovatif berkat kreativitas dan inovasi seorang chef.

3. Arsitek

Permintaan klien yang kadang tidak biasa, membutuhkan inovasi kita dalam sebuah rancang bangunan, baik dari model maupun dari bahan bahannya. Arsitek dituntut untuk kreatif yang bisa melahirkan inovasi agar bahan bangunan tersebut misalnya tahan gempa, dll.

4. Guru

Dalam dunia pendidikan juga dibutuhkan kreativitas yang berujung inovasi agar cara pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

 

Contoh inovasi dalam dunia pendidikan yang bisa dilakukan para guru antara lain, belajar secara daring dan pembaruan modul belajar sehingga tidak membosankan.

5. Ilmuwan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ilmuwan sering dikatakan sebagai penemu. Bekerja di Laboratorium, mereka dituntut untuk bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru.

6. Pekerja Media 

Industri media seperti televisi, radio, dan media online memerlukan kreativitas yang sangat tinggi. Orang akan bosan jika sebuah media tidak bisa menghasilkan pemikiran yang kreatif dan inovatif yang tertuang dalam karya yang disajikan.

7. Pekerja Rumah Produksi

Inovasi bukan hanya berupa penemuan sebuah produk berupa barang, inovasi adalah menghasilkan ide-ide brilian yang yang belum pernah ada. Hal ini diperlukan dalam diri pekerja rumah produksi.

 

Inovatif di diri pekerja rumah produksi penting untuk memenuhi permintaan klien. Apalagi yang menginginkan sesuatu yang sangat berbeda dan belum pernah ada, tapi bisa menarik perhatian masyarakat. 

 

Kreativitas adalah anugerah bagi yang memilikinya. Ide-ide cemerlang yang muncul kadang menghasilkan inovasi-inovasi baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Walau kadang terasa aneh buat orang lain saat kita mengemukakan ide ide baru kita. 

 

Tapi jangan khawatir, di zaman sekarang ini orang yang memiliki kreativitas tinggi dan bisa menghasilkan inovasi sangat diperlukan dan dicari di dunia kerja.  Dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja terupdate di Jawa Timur via JatimCerdas.id.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.