5 Problem Solving untuk Mengatasi Masalah Bisnis

5 Problem Solving untuk Mengatasi Masalah Bisnis | TopKarir.com
15 APR 2021 15:50 TINGKATKAN KARIRMU 382 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Berbisnis adalah suatu hal yang tidak pernah lepas dari sebuah masalah. Permasalah dalam bisnis merupakan hal yang cukup umum terjadi, sehingga seringkali para pebisnis harus dapat mengatasi masalah dengan problem solving salah satunya. Problem solving adalah tantangan tersendiri untuk para pebisnis saat ini.

 

Menyelesaikan sebuah permasalahan dari berbagai segi tidak mudah untuk dilakukan. Perlu adanya tinjauan bagaimana cara menyelesaikan masalah itu sendiri dengan melihat seberapa luas akar permasalahan yang terjadi.

 

Problem solving adalah salah satu kemampuan yang penting dan harus dimiliki oleh semua orang terkhususnya para pebisnis. Kemampuan ini akan sangat berguna ketika kamu harus mengambil keputusan saat dihadapkan oleh beberapa masalah dalam bisnis.

 

Kegiatan dalam problem solving adalah kamu dapat mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi. Tidak hanya itu, kemampuan problem solving ini berkaitan dengan kemampuan mendengar, kreativitas, komunikasi yang baik, kerja tim yang baik, dan pengambilan keputusan.

 

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah bisnis dengan problem solving? Berikut adalah tahapan dasar dalam problem solving:

1. Identifikasi Masalah

Tahap awal yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi masalah. Identifikasi masalah apa yang sedang kamu hadapi dalam bisnis yang kamu jalankan. Setelah kamu mengetahui apa masalah yang kamu hadapi saat itu, kamu perlu menganalisa kunci masalah yang terjadi sebenarnya.

 

Menganalisa masalah perlu kamu lakukan karena, masalah yang timbul dapat dilatarbelakangi dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Itu sebabnya, pada tahapan ini penting untuk melihat masalah dari berbagai perspektif.

2. Mengembangkan Solusi Alternatif

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan alternatif solusi yang ada. Untuk melakukan ini kamu perlu memanfaatkan pikiran kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, serta logis yang kamu miliki. Bandingkan setiap alternatif yang ada, lalu pertimbangkan kemungkinan yang ada.

3. Menentukan Solusi Terbaik

Setelah kamu mengetahui apa masalah yang terjadi pada bisnis kamu. Kamu perlu solusi terbaik, karena tujuan problem solving adalah menemukan solusi yang terbaik atas sebuah masalah yang ada.

 

Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan solusi apa saja yang tepat dan relevan terhadap masalah yang sedang kamu hadapi.

 

Pilihlah solusi terbaik, untuk menentukan solusi terbaik, kamu perlu pertimbangkan mana penerapan yang paling memungkinkan dan tidak adanya potensi muncul masalah lainnya.

 

Jika kamu bingung solusi apa yang harus digunakan, kamu dapat berkonsultasi kepada rekan kerja kamu.

4. Menerapkan Solusi

Solusi yang tepat dan relevan dengan masalah yang kamu hadapi. Hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah terapkan solusi tersebut.

 

Yakinkan, bahwa solusi yang kamu pilih itu tepat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Jangan sampai, solusi yang kamu miliki tidak ada jalan keluar untuk masalah pada bisnis kamu.

5. Lakukan Evaluasi

Lakukanlah evaluasi setelah menerapkan solusi. Evaluasi adalah tahap problem solving yang perlu kamu lakukan. Karena dengan adanya evaluasi, maka akan menjadi tolak ukur untuk penyelesaian masalah bisnis selanjutnya.

 

Itulah beberapa yang harus kamu perhatikan dalam mengatasi masalah bisnis kamu dengan problem solving. Tingkatkan terus kemampuan problem solving yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan menyelesaikan permasalahan bisnis kamu dengan baik.

 

Namun, untuk meningkatkan problem solving yang efektif, kamu perlu sabar karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Kamu harus bisa berpikir sistematis dan logis dalam waktu yang sama. Manfaatkan juga pengalaman yang kamu miliki. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengatasi masalah bisnis dengan problem solving.

 

Itu dia cara mengatasi masalah bisnis dengan sejumlah problem solving. Dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja terupdate di Jawa Timur via JatimCerdas.id.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.