5 Cara Membangun Brand Awareness dalam Bisnis

5 Cara Membangun Brand Awareness dalam Bisnis | TopKarir.com
30 MAR 2021 11:45 TINGKATKAN KARIRMU 546 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Berbisnis merupakan hal yang sulit dilakukan jika kamu tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis yang baik. Salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan dalam berbisnis adalah bagaimana cara kamu membangun brand awareness dalam bisnis yang kamu jalani.

 

Apa itu brand awareness? Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan diri seseorang yang merupakan konsumen atau calon pembeli dalam mengenali dan menyebutkan kembali merek yang diketahui atas nama, logo, gambar dan slogan suatu brand tertentu.

 

Kemampuan mengingat tersebut akan sangat mempengaruhi konsumen dalam memilih dan membeli suatu produk yang diinginkan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pebisnis dalam membangun brand awareness yang tepat.

 

Berikut adalah cara membangun brand awareness dalam bisnis yang tepat:

1. Pilih Platform Media Sosial Yang Tepat

Banyak orang menggunakan media sosial untuk mencari produk yang diinginkan, hal tersebut merupakan peluang bagi kamu untuk mempromosikan produk kamu di media sosial. Untuk itu kamu perlu memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Terdapat beberapa jenis platform media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram.

 

Namun, untuk meningkatkan brand awareness itu tidak perlu kamu gunakan semua jenis platform media sosial yang ada. Gunakan salah satu jenis platform yang menjadi target pasar kamu. Karena, jika menggunakan semua jenis platform media sosial akan mempersulit kamu untuk meningkatkan brand awareness.

 

Misalnya, jika target pasar kamu adalah memiliki usia relatif muda maka jenis platform media sosial yang tepat adalah Instagram atau Twitter. Jika, target pasar diusia relatif tua maka jenis media yang tepat adalah Facebook.

2. Buat Konten dan Pilih Media Yang Tepat

Konten marketing perlu dilakukan untuk memberikan pesan atau branding produk yang kamu miliki. Buatlah konten dengan kualitas yang baik agar pesan tersampaikan dengan tepat kepada konsumen.

 

Selama kamu membuat konten, kamu juga perlu memikirkan media apa yang tepat untuk menyebarluaskan konten produk yang kamu buat. Karena, setiap platform media sosial memiliki jenis konten yang berbeda-beda.

 

Misalnya, jika konten yang kamu buat dengan gambar maka media yang tepat adalah Facebook atau Instagram. Jadi, konten dan media yang digunakan harus disesuaikan.

3. Memanfaatkan Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial sehingga dapat mempengaruhi masyarakat dalam memilih atau membeli sebuah produk.

 

Untuk meningkatkan brand awareness, kamu dapat memanfaatkan influencer yang sesuai dengan produk kamu, tidak hanya memiliki pengikut yang banyak, biasanya seorang influencer dapat menciptakan konten-konten yang unik dan menarik, sehingga dapat mendorong konsumen untuk membeli produk kamu.

4. Kelola Akun Media Sosial Dengan Optimal

Mengoptimalkan akun media sosial adalah strategi yang tepat dalam meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Karena, dengan media sosial yang optimal akan memiliki ketertarikan tersendiri bagi para konsumen.

5. Melalui Brand Sponsorship

Menjadi sponsorship merupakan suatu alternatif yang tepat untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Brand sponsorship merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pebisnis dalam mendukung sebuah kegiatan yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat.

 

Brand sponsorship ini merupakan salah satu strategi yang tepat dan efektif untuk dapat memperkenalkan produk secara luas kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan brand awareness bisnis kamu.

 

Itulah lima cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Untuk itu, jangan takut untuk memulai bisnis, karena banyak cara untuk memperkenalkan bisnis yang kamu jalani ke tengah-tengah masyarakat dengan media yang ada.

 

Temukan berbagai lowongan kerja menarik lainnya di JatimCerdas.id. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk memperluas wawasan karir kamu.

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.